Tahun Pertama Menjadi Mahasiswa Sistem Informasi ITS

May 06, 2015

       Tidak terasa sudah hampir satu tahun menjadi mahasiswa di salah satu jurusan di ITS. Wait...sudah tau ITS bukan? ITS, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan kebanyakan orang masih salah dengan kepanjangan dari ITS. ITS menurut orang umum, merupakan Institut Teknologi Surabaya....ah mungkin kebanyakan orang menganggap kepanjangan ITS sama seperti kepanjangan IT* yang sesuai dengan nama kotanya, iya mungkin. Oke kali ini gue mau mencurahkan hati seorang anak kos yang mengambil jenjang pendidikannya di jurusan SISTEM INFORMASI ITS. Awal masuk menjadi mahasiswa ITS pada umumnya sangat berat, bukan berat dalam hal akademis, namun berat dengan pengkaderan (nama lain dari ospek) di ITS. Yang membuat berat pada waktu itu adalah merelakan rambut yang udah gue rawat sejak liburan di SMA dicukur habis menjadi botak maksimal satu cm, aku tidak tahu apa artinya itu..mungkin menurut rektor pada waktu itu agar mahasiswa barunya memiliki rasa kebersamaan, ah itu sih menurut rektor saja. Di ITS setiap jurusan memiliki arogansi sendiri-sendiri dan mengaggap jurusannya yang terbaik di ITS. hahaha VIVAT (Hidup) SI !!
            Namun, selama gue menjadi mahasiswa baru di ITS tidak pernah gue liat ada tawuran setiap jurusan gara-gara arogansi jurusan (mungkin guenya yang kudet) tetapi cara bersaing tiap jurusan di curahkan dalam prestasi :D yup ITS CAK. Oke sudah cukup gambaran awal tentang ITS, sekarang gue mau mencurahkan hati gue disaat menjadi mahasiswa baru di Sistem Informasi. Gue termasuk mahasiswa baru yang agak pasif sih, bukan berarti gue apatis atau apapun itu, hanya saja gue termasuk anak yang pemalu dan susah berkenalan apabila gue yang pertama ngajak kenalan hahahaaha :D, awal mula gue memilih jurusan ini karena gue gagal menjadi mahasiswa baru di jurusan pendidikan kedokteran dan ketertarikan gue mengenai dunia komputer atau lebih tepatnya dunia hacking, serta juga pengen mendalami dunia manajemen bisnis. Karena impian gue kalo bukan menjadi dokter, yang ingin bekerja di depan komputer di ruangan ber-AC, nggak peduli mata melototin komputer seharian. Oke kembali ke masa pengkaderan di jurusan, ah skip saja cerita ini karena gue termasuk tidak terlalu aktif mengikuti masa pengkaderan ini, walaupun gue akhirnya ikut "diangkat" (diakui menjadi warga) mahasiswa sistem informasi angkatan 2014. 
             Perlu kalian ketahui, jurusan Sistem Informasi berada di bawah fakultas teknologi informasi (FTIf). Fakultas ini hanya memiliki 2 anggota jurusan, yakni sistem informasi dan teknik informatika.
tapi anehnya, konon jurusan sistem informasi dan teknik informatika ini tidak harmonis satu sama yang lain, mungkin kelamaan di depan komputer ya hehehe :D. Dosen-dosen di jurusan ini lumayan asyik sih dan sedikit ada yang killer :D hahaha untuk selama dua semester ini gue tidak mendapatkan dosen yang killer :P. Di jurusan ini kita seperti di jurusan teknik komputer pada umumnya diajarkan untuk bisa ngoding, dan pada tahun awal kita akan dihadapkan dengan bahasa pemrograman Java. Tapi selain belajar mengenai dunia komputer, mahasiswa sistem informasi juga akan mendapatkan pelajaran mengenai manajemen bisnis, toh tujuan dari berdirinya jurusan ini untuk menghasilkan mahasiswa yang dapat memadukan teknologi di dunia bisnis. 
             Oke di jurusan ini, gue sangat tertarik sama dunia ethical hacking, terdapat komunitas hacking yakni ISGC di jurusan SI ini. Gue pengen mendalami dunia keamanan jaringan dimana di jurusan sistem informasi ini terdapat mata kuliah yang mengajarkan kita mengenai keamanan aset informasi atau jaringan, keren kaannn ? oh iya, jika kalian memasuki wilayah jurusan sistem informasi, jangan kaget kalo kalian pertama kali masuk di depan kalian akan ada lab. manufactur, jangan berpikiran kalo kalian salah masuk jurusan. Iya emang, jurusan sistem informasi ini bertetangga dengan jurusan teknik industri, jadi jangan heran kalau ada mahasiswa jurusan teknik industri ini berkeliaran di kantin dan wilayah SI, ya setidaknya mahasiswi jurusan sebelah tjakep-tjakep jadi gue gak risih kalo ada mahasiswi teknik industri berkeliaran atau makan di kantin di wilayah SI hahahhaha ya setidaknya mata nggak melotot di depan komputer terus kan ? sesekali nyegerin mata hahahahah :D
               OKE, cukup sekian cerita gue di tahun pertama menjadi mahasiswa sistem informasi, karena baterei laptop sudah mau habis dan lupa nggak bawa charger dan lupa nggak bawa dompet buat bayar segelas minuman di warung kopi, jadi gue mau fokus ngerayu temen buat bayarin hehe...
VIVAT SI !!! Hidup SI ! 3x
Oh iya nama gue Syahrul Septa, salam kenal kawan :D

You Might Also Like

7 komentar

  1. Kak, mau nanya, emang di Sistem Informasi banyakannya cowok kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh udah setahun aku vakum dari blog wkwkwkkwkw.... kalau di ITS siih banyakan cowoknya tp di jurusanku sistem informasi, ya lumayan banyak kok ceweknya

      Delete
  2. kak, SI ITS itu termasuk soshum atau saintek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. MAS SYAHRUL, SKRG SI ITS SAINTEK APA SOSHUM? JGN BILANG SOSHUM

      Delete
  3. SI Its bisa soshum gak ??

    ReplyDelete